Senin, 25 Oktober 2010

Hak Siar Indovision Dibajak

Aksi pembajakan tayangan premium oleh televisi berbayar ilegal apalagi bersamaan dengan hak siar eksklusif dari event sepakbola paling bergengsi Barclays Premier League (Liga Inggris/BPL) yang diperoleh Indovision, membuat MNC mulai menempuh jalur hukum. Hampir semua TV kabel di Indonesia membajak siaran Liga Inggris yang ijin siarannya hanya untuk Indovision.

Pembajakan Hak Siar Eksklusif yang dimiliki Indovision oleh TV berbayar ilegal.

Karena itulah Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia (APMI) sebagai organisasi industri TV berbayar yang sah telah mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk menindak tegas para operator TV langganan ilegal. Bukan perkara mudah, karena hingga kini ratusan operator siaran ilegal masih tetap tersebar di seluruh tanah air.

Tak hanya membajak tayangan BPL yang secara eksklusif dimiliki Indovision, sejumlah channel premium seperti HBO, STAR World, Carton Network, CNN, VISION1 dan VISION2 menjadi channel yang paling banyak dibajak. Akibatnya sejumlah penyedia konten premium (premium content provider) Internasional tersebut sempat protes. Nama baik Indonesia pun turut tercemar karena dituding sebagai negara pembajak.

Dari aksi penindakan tim legal Indovision yang turun ke lapangan, di berbagai daerah terdapat puluhan operator TV langganan ilegal yang saat ini telah teridentifikasi. Di antaranya adalah :

Kalimantan Timur: Mitra Vision, Bukadri Vision, Borneo Vision , Tepian Cable
Batam: Cemerlang Vision, Optimus, SBC, Bintan Vision, Barelang Vision, ASTV, Batam Cable Vision, Mackianos Cable Network
Makassar: Prima Vision, Vision Graha, Anjas Vision, M3 dan subnya, Citra Vision Palopo
Jawa Timur: Semeru Vision, Cakrawala TV, Duta Vision, Jawa TV kabel, Galaxy Vision, Kusuma TV kabel, CV Indo Eagle TV kabel
Manado : Lokon, MSN, Espetika

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...